Layanan Daring Bimbingan Konseling

sekolah umum

Dalam rangka memenuhi kebutuhan konsultasi siswa dan orangtua kelas X, XI, dan XII di SMA Negeri 9 Depok, maka tim Bimbingan Konseling merilis program layanan konsultasi yang disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19, yaitu menerapkan sistem layanan daring.

Layanan Konseling Individu

Layanan yang diselenggarakan oleh seorang guru Bimbingan dan Konseling terhadap seorang Peserta didik dalam rangka pengentasan masalah pribadi peserta didik.

Prosedur melakukan konseling individu, baik tatap muka maupun daring:

  1. Daftar konseling individu
  2. Menentukan jadwal konseling bersama guru BK
  3. Melakukan konseling
  4. Mengisi evaluasi konseling individu di google form yang telah tersedia

Layanan Konseling Kelompok

Layanan memungkinkan peserta didik untuk mengentaskan permasalahan yang dialami oleh masing-masing anggota kelompok dengan menggunakan dinamika kelompok sehingga anggota kelompok memperoleh keterampilan membuat keputusan untuk menemukan solusi yang memuaskan terhadap masalah yang dialami. Kelompok kecil ini minimal anggota 4 dan maksimal 8.

Tema-tema konseling kelompok yang tersedia saat ini:

  1. Mengenal emosi dan managemen kemarahan
  2. Keterampilan asertif
  3. Lainnya (isi sendiri bagi peserta didik yang ingin membahas isu yang lain dari 2 daftar diatas)

Tata cara melakukan konseling individu

  1. Daftar konseling kelompok
  2. Menentukan jadwal konseling bersama guru BK
  3. Melakukan konseling
  4. Mengisi evaluasi bimbingan atau konseling kelompok di akhir sesi

Ruang Diskusi Orangtua

Ruang orangtua dibuat dengan tujuan memberikan kesempatan bagi orangtua untuk mengetahui isu-isu yang berkaitan pada peserta didik dalam tugas perkembangannya. Orangtua berkesempatan untuk melihat lebih mendalam isu peserta didik yang akan diulas dalam kacamata Bimbingan dan Konseling. Ruang orangtua juga memberikan kesempatan bagi orangtua yang akan memberikan kesan, pesan maupun keluhan, kekhawatiran dan seputar pertanyaan orangtua mengenai peserta didik.

Leave a Reply